Sepeda Onthel Aro Fort Belanda


Salam Onthel
Sepeda Onthel Aro Fort Belanda
Logo Aro Fort

Kali ini saya akan memposting tentang salah satu sepeda kesayangan yang bernama Aro Fort. Sekilas dilihat dari namanya seperti merk mobil Mahal dunia, Ford. Tapi ini bukan menggunakan inisial "D" tapi berinisial "T". Jadi sepeda ini gak ada hubungannya dengan merk Mobil kelas wahid dunia, seperti yang sudah saya dengar dari orang-orang ontelis dulu.
Sepeda Onthel Aro Fort Belanda
Kantor Awal "Firma Aro Haag"

Sepeda Aro Fort berasal dari Den Haag Belanda. Alamat Kantor Firma "Aro Haag" berada di jalan Laange Beestenmarkt 11-13 Den Haag Teleefon 070 - 11 20 83. Pada gambar diatas nampak kantor awal sepeda "Firma Aro Haag" yang digunakan untuk Pembuatan Sepeda sekaligus tempat penjualan sepeda merk Aro Fort.

Setelah perkembangan beberapa tahun selanjutnya, Firma "Aro Haag" mendirikan sebuah pabrik perakitan. Tepatnya dijalan Firma awal didirikan. Selain pabrik pembuatan dan perakitan sepeda juga ada tempat "Showroom" sepeda tepat disamping pabrik. Bahkan Kantor utama juga terletak didekat keduanya.
Sepeda Onthel Aro Fort Belanda
Pabrik Sepeda Aro Fort
Pada gambar diatas nampak perubahan yang sangat besar pada pembangunannya. Berawal dari sebuah bengkel sepeda menuju ke firma dan berevolusi menjadi sebuah Pabrik modern. Kalau dilihat dari perkembangannya ternyata sepeda Aro Fort tidak kalah dengan sepeda Belanda lainnya. Namun ketenarannya tidaklah secemerlang rekan senegaranya seperti Gazelle, Simplek, Fongers, Burgers, Batavus dan Magneet
Sepeda Onthel Aro Fort Belanda
Tempat Perakitan Sepeda Aro Fort
Tempat perakitan tepat berada didalam pabrik, mulai dari onderdil sampai rangka sepeda diproduksi disamping tempat perakitan. 
Sepeda Onthel Aro Fort Belanda
Tempat Onderdil Sepeda

Sepeda Aro Fort merupakan salah satu sepeda langka yang sangat jarang ditemui di Indonesia bahkan di negeri asalnya. Data penyebaran sepeda ini juga sangat langka, karena begitu sulitnya mencari referensi tentang sepeda "Aro Fort" menjadikan sepeda ini merupakan sepeda legenda.
Sepeda Onthel Aro Fort Belanda
Tampak Depan

Saya sendiri hanya mempunyai 1 Buah sepeda Heren Aro Haag dari kota Juwana Pati. Dengan harga yang agak lumayan untuk menggantikan mahar yang sudah disepakati. Sepeda ini sangat bersahabat dengan postur orang Indonesia. 
Sepeda Onthel Aro Fort Belanda
Pantat Aro Fort

Kayuhan lumayan nyaman walaupun tidak senyaman Simplex saudara senegaranya. Namun perbedaan itu menjadikan keragaman yang dimiliki oleh Sepeda Onthel baik dari Eropa maupun Asia. Seperti semboyan negara kita "Bhinneka Tunggal Ika" yang memahami akan arti perbedaan, yang memahami apa arti satu kesatuan dan yang jelas NKRI Harga mati.

Semoga Bermanfaat
Salam Onthel "Gaboel-awoe" Pati


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sepeda Onthel Aro Fort Belanda"