Sepeda Dari Rumah Tua

Salam Onthel,

Kali ini kami akan membahas sebuah sepeda yang sampai saat ini belum terdeteksi merkmya. Sepeda yang satu ini kami dapatkan dari seseorang teman yang kebetulan suka sekali "Ngrosok". Temanku diawal cerita mendapatkan dua buah sepeda yang masih terbilang ori semua.

Cerita bermula saat dia mencari barang-barang kuno dirumah tua yang berada diwilayah Juwana, Kabupaten Pati.Dia menanyakan apakah ada barang-barang tua yang hendak dijual kiloan? pertanyaan mendasar yang sering kita lontarkan kepada pemilik rumah. Dan si pemilik rumah menceritakan kalau punya fosil sepeda tua dan beberapa barang pecah belah seperti Gentong, Guci, Gelas, Piring, mangkok cawik, toples kaca dan lainnya.

Si pemilik rumah mengiyakan kalau memang ada beberapa barang yang disebutkan tadi, untuk sepeda tua sipemilik mengatakan ada dua buah sepeda fosil yang mau dijua, Simplex dan yang satunya tidak terdeteksi merknya walupun plat nempel masih asli.

Yang sangat mengejutkan satu fosil sepeda tersebut dijual 100rb, Waaah murah sekali pokoknya, coba saja kita anulir satu demi satu, Yang pertama kita bahas adalah sepeda Simplex, dari namanya saja sudah berasumsi mana mungkin sepeda simplex 100rb? stangnya saja kalau dijual pasarannya 1jt, ini mendapatkan full sepeda, original. Rejeki

Dari identifikasi semua nya asli, mulai dari Plat Merk, pelek, ban, ruji, tromol, rangka, sedel, lampu dan dinamo, slebor stang, rotel, slebor dan lainnya. 

Menuju ke sepeda kedua, yang kebetulan saya mahar 550rb, sepeda yang belum teridentifikasi ini menjadikannya sebagai sebuah mistery yang ingin kupecahkan. Menurut beberapa teman ada yang menyebut sepeda Inggrisan karena dilihat dari model stang, mengingat sepeda ini didapat dalam kondisi utuh. Ada juga yang menyebut ini sepeda Jermanan karena dilihat dari model konstruksi rem dan model keni walaupu  kebanyakan model keni jerman tidaklah memakai keni alias iras.

Dan ada juga yang menyebut sepeda ini adalah sepeda buatan Jepang, lebih tepatnya sepeda militer untuk pasukan Jepang yang dulu pernah tinggal dan menetap di Indonesia untuk beberapa tahun. 


  1. Tampak Full

    Sepeda Dari Rumah Tua
  2. Plat Merk 
    Sepeda Dari Rumah Tua
  3. Peneng Pajak model Plat 
    Sepeda Dari Rumah Tua
  4. Stang Sepeda 
    Sepeda Dari Rumah Tua
  5. Lampu Depan 
    Sepeda Dari Rumah Tua
  6. Fork atau Garpu (Pangkal nya mirip Raleigh edisi sebelum model kunci)
    Sepeda Dari Rumah Tua
  7. Fork pada ujungnya mirip fongers 
    Sepeda Dari Rumah Tua
  8. Trigerr Brampton 
    Sepeda Dari Rumah Tua
  9. Porseneling Bumbung Brampton 
    Sepeda Dari Rumah Tua
  10. Set Rim 
    Sepeda Dari Rumah Tua
  11. Holder Sepeda Jerman  
    Sepeda Dari Rumah Tua
  12. Tube atas dan bawah mirip sepeda inggrisan tua ada semacam sabuk walaupun kecil. 
    Sepeda Dari Rumah Tua

Semoga Bermanfaat
Salam Onthel

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sepeda Dari Rumah Tua"