Pelek Sepeda Onthel

Salam Onthel

Selamat datang di web tentang sepeda onthel, kali ini kita akan membahas tentang onderdil sepeda, yaitu tentang pelek sepeda. Bermacam-macam jenis pelek yang selama ini kita kenal, mulai dari buatan negara Belanda, Jerman, Perancis, India, Inggris maupun Jepang.

Berbagai negara masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri yang unik, entah dari desain maupun bahan yang digunakan. Jadi tiap merek mempunyai ke-khasan tersendiri yang menjadi keunikan dalam setiap model yang dikeluarkan. 

Pelek juga kadang bisa menjadi identifikasi sebuah sepeda onthel, namun tidak sepenuhnya dianjurkan. Karena identifikasi semacam ini tidak bisa mendeteksi kebenaran sebuah sepeda onthel, bisa saja pelek pernah diganti pemiliknya dikarenakan kondisi rusak ataupun keropos. 

Kadang memang ditemukan penampakan utuh sepeda lengkap dengan onderdil maupun spare part asli. Tapi penampakan seperti ini sangat jarang ditemui kecuali di museum-museum sepeda kuno. Jadi bisa dipastikan penampakan full sangat jarang, para onthelis biasanya berusaha "Membangun" kembali keorisinilan sepeda mereka dengan berburu keaslian onderdil sepeda miliknya.
Pelek Sepeda Onthel

Sepeda Inggrisan misalnya, para onthelis berburu pelek dengan merek Dunlop, biasanya tertulis di pelek "DUNLOP MADE IN ENGLAND". Ada juga merek Sturmey Archer yang jarang ditemui. Kedua merek itu menjadi andalan para penyuka sepeda Onthel Inggrisan macam Raleigh, Humber, Rudge, BSA, Sun Beam dan lainnya.
Pelek Sepeda Onthel

Untuk sepeda Belanda banyak merek yang bisa ditemui, contohnya Kronprize, Schothorst, velg Simplex yang tidak ada namanya dengan lubang 36 dan lainnya. Kebanyakan pelek buatan Belanda berlubang 36, dengan khas warna hitamnya. 
Pelek Sepeda Onthel

Negara Perancis juga mengeluarkan merek RIGIDA yang sangat bagus dengan bahannya yang awet dan tahan lama. Pelek macam ini ada yang lubang 36-36 ada juga yang lubang 32-40, jadi pelek Rigida kadang juga banyak ditemukan di sepeda buatan Inggris maupun Belanda.

Semoga bermanfaat





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelek Sepeda Onthel"