Raleigh CG mBah Mukhtar

Salam Onthel

Sepeda yang kali ini kita bahas adalah sepeda Raleigh seri CG sang raja sepeda. Sepeda Raleigh ini adalah kepunyaan mbah Mukhtar dari Margoyoso Pati, salah satu kecamatan yang terkenal dengan “Kota Santri” tepatnya didaerah Kajen.
Mbah Mukhtar dulu

ketika tahun 1958 lulus sekolah keguruan, setelah itu mau diangkat sebagai PNS namun tidak diperbolehkan oleh orang tuanya. “Berapa sih gaji guru kok kamu mau jadi seorang guru?” tanya bapaknya kepada mbah Mukhtar, tahun itu sangatlah berbeda dengan tahun sekarang dimana Guru menjadi sebuah pekerjaan dengan gaji yang sangat tinggi.
Raleigh CG mBah Mukhtar

Mbah Mukhtar diberikan pilihan ketika itu, tetap mau jadi guru dengan segala kekurangannya atau menjadi petani yang sukses? Dalam benak mbah Mukhtar sangat ingin menjadi seorang guru, namun kehendak menyatakan lain, dia akhirnya memilih menjadi seorang petani seperti yang dianjurkan oleh orang tuanya.

Untuk modal kerja diberikan beberapa petak sawah dan tegal yang amat luas yang akan dikelolanya. Oleh orang tuanya mbah Mukhtar dibelikan sebuah sepeda onthel merk Raleigh dari kota Semarang. Harga satu buah sepeda kala itu sangatlah mahal, apalgi yang dibelikan untuk mbah Mukhtar adalah seri paling bagus diantara seri lainnya, yakni Raleigh seri “CG”. Untuk membeli sepeda tersebut dijualnya 1 ekor kerbau besar dan 1 kuintal kedelai hasil panen.

Bisa anda bayangkan betapa mahalnya sepeda Raleigh yang satu ini, sekarang 1 ekor kerbau besar saja minimal harus ngrogoh kocek sekitar 20-an juta, belum lagi harga 1 kuintal kedelai.

Menurut mbah Mukhtar, sepeda Raleigh yang paling bagus adalah seri "CG" seperti yang dia miliki. Disamping bagus, tungganya pun tidak kalah dengan sepeda yang pernah dimilikinya dulu.

Salam 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Raleigh CG mBah Mukhtar "