Simplex Neo Heren Seri Tua

Salam Onthel

Kali ini kami akan membahas sepeda Simplex Neo Kuno yang baru kemarin menjadi salah satu koleksi dirumah. Sepeda Onthel ini mempunyai ciri yang mirip sekali dengan simplex cycloide. Ada Lebihan "Sabuk" benjolan di bagian atas dan bawah tube depan, Rangka yang mempunyai cenilan diatas Bracket dan cenilan dibawah supitan belakang, Supitan belakang yang di cor menyatu dengan rangka, gir aslinya model mercy (tapi sudah dicopot diganti dengan Gir Y-Y).
Simplex Neo Heren Seri Tua
Ada Lebihan "Sabuk" di Tube Depan

Yang sangat menarik adalah supitan belakang yang dicor menyatu, banyak kalangan yang menyatakan bahwa sepeda iras seperti ini adalah varian Simplex Cycloide. Namun sebenarnya kalau kita berpedoman dalam katalog Simplex, sepeda dengan supitan seperti ini tidak menjadikan sepeda ini termasuk varian Cycloide, karena untuk model keluaran Simplex lama (Khusus sepeda Heren)  kisaran 1935 kebawah rata-rata menggunakan supitan yang dicor menyatu, bukan dengan baut. Beda setelah tahun berikutnya, rata-rata sudah menggunakan system baut.
Simplex Neo Heren Seri Tua
Supitan yang di cor menyatu

Opsi sepeda ini menggunakan konstruksi rem karet, terbukti dengan cenilan dibawah supitan belakang. Namun kami belum mendapatkan konstruksi rem karet yang pas untuk sepeda ini. Yang penting bisa gowes dulu biar bisa muter-muter disekitaran tempat kami. Untuk stang, sebenarnya sudah kami sediakan stang handle bar yang sangat langka, namun setelah dipikir kok tidak pas untuk sepeda ini.
Simplex Neo Heren Seri Tua
Cenilan diatas bracket dan dibawah supitan belakang

Yang membedakan sepeda ini dengan sepeda cycloide adalah braket sepeda. Untuk sepeda Cycloide ukuran bracket pada sepeda jika diukur dengan jangka sorong menunjukkan 50 mm (5 cm) sedangkan bracket pada sepeda ini menunjuk angka 40 mm (4 cm). Jadi bisa dipastikan kalau sepeda ini bukanlah sepeda simplex Cycloide.
Simplex Neo Heren Seri Tua
Braket kecil

Kalaupun menemukan Simplex yang braketnya berukuran besar tak jarang daleman braketnya sudah diganti dengan model "keroncong" mangkok-an. Sedangkan daleman "Asli bawaan" yang menggunkan laker dibuang atau diganti dengan sparepart yang baru. 
Piringan Gir "Y-Y"

Jadi bila anda mendapatkan sepeda simplex dengan braket yang besar dengan sitem lakernya dan ketika diukur menggunakan jangka sorong menunjukan angka 5 cm. Segera simpan, karena itu menjadi harta karun terbesar buat anda....

Semoga bermanfaat
Salam



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Simplex Neo Heren Seri Tua"