Lampu dan Dinamo Bosch

Salam Onthel, 

Sepeda onthel tidak lengkap rasanya tanpa adanya onderdil berupa lampu sepeda. Entah itu lampu sepeda merk A atau B, yang sebenarnya mempunyai fungsi utama sebagai penerang jalan ketika bersepeda malam hari. Sekarang fungsinya hampir berubah sepenuhnya, lampu dan dinamo sepeda hanya menjadi aksesoris yang disematkan dalam sebuah sepeda hanya untuk mengejar yang namanya kelengkapan orisinal sebuah sepeda.
Lampu dan Dinamo Bosch

Tidak sedikit dari kita pernah timbul perbedaan-perbedaan yang sebenarnya tidak menjadikan soal ketika kita dibenturkan pada fungsi awal dari onderdil tersebut. Katakanlah sebuah lampu ini harus nempel pada sepeda dengan merk A atau merk B.  Tidaklah menjadi soal, apalagi yang berlaku dipasar sepeda ketika itu, onderdil itu disesuaikan dengan budget yang ada.

Perdebatan dan perbincangan para onthelis memang sebenarnya sangat menarik untuk kita ulas. karena tidak sedikit para orang tua dulu yang menyebutkan lampu dan dinamo sepeda kuno hanyalah "Bosch". Padahal ada banyak merk lain yang memproduksi aneka macam lampu dan dinamo. Mungkin ketika dulu katalog dan referensi sangatlah jarang, jadi yang mereka lihat dan amati hanyalah yang sepeda yang terpasang dinamo dan lampu merk Bosch.
Lampu dan Dinamo Bosch

Untuk itu kami akan membahas salah satu onderdil yang sudah sangat dikenal oleh onthelis kebanyakan. Onderdil satu ini memang sering kita temui, bahkan dibeberapa merk sepeda pada umumnya, entah sepeda Inggris maupun Belanda.

Onderdil Buatan negara Jerman ini sudah hampir 1 abad lamanya menghias dan melengkapi onderdil sepeda Onthel. Bahkan sampai sekarang merk "Bosch" masih ada dengan pengembangan ke berbagai macam peralatan pertukangan dan alat lainnya.

Lampu dan Dinamo merk Bosch untuk sepeda onthel menjadi onderdil yang sering dicari para onthelis, tidak tanggung-tanggung harga onderdil ini, bisa tembus diangka 300rb-an per set. Itu pun dalam keadaan tidak bagus dan cling, namun sudah karatan dan terkadang ada mberet-mberet pada lampu maupun dinamonya.
Lampu dan Dinamo Bosch

Yang sering kita temukan onderdil ini menempel di sepeda buatan Inggris semacam Raleigh, Humber, BSA dan masih banyak lainnya. Kalau sepeda Belanda biasanya menggunakan lampu yang aneh-aneh dan bermacam merk selain Bosch walaupun ada beberapa yang menggunakan merk yang satu ini, tapi dengan bentuk dan desain yang berbeda.

Sementara itu dulu yang bisa kami ulas, apabila ada masukan atau kritikan yang membangun kami tunggu dikolom komentar.

Semoga Bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lampu dan Dinamo Bosch"