Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

Salam Onthel

Bicara sepeda kuno memang tiada habisnya, apalagi sesama pecinta sepeda kuno, sampai larut malam pun sudah sering menjadi kebiasaan ketika menemukan sesuatu yang menarik dalam pembahasan. Katakanlah bahasan tentang sepeda yang memakai rem tusuk, konstruksi rem unik yang diperkirakan sebelum tahun 30-an. Namun kami juga belum mengetahui secara pasti tahun pembuatan model rem tusuk pada sepeda, entah rentang dalam berapa tahun ataupun sampai tahun berapa kami belum menemukan referensi yang pas.

Kami akan mengulas salah satu koleksi teman kami yang mempunyai Gazelle seri 3 dengan opsi Rem Tusuknya yang sangat unik. Sepeda ini berasal dari negeri asalnya sana, didatangkan langsung dari Belanda, tentu dengan merogok koceh yang lumayan besar. 

Sepeda ini sengaja kami ulas untuk menambah wawasan kami tentang sepeda yang terkenal mahal ini. Namun tidak menjadikan sebuah pemahaman yang berubah menjadi referensi tentunya, karena kami melihat dari sudut pandang kami. Buku katalog dan sumber dari para ahli onthelislah yang pas untuk dijadikan referensi.

Cerita Asal Mula Mahalnya Sepeda Gazelle

Ada sebuah cerita yang sering kami dengar dari orang-orang sepuh pecinta onthel dulu, sepeda yang paling mahal buatan Belanda adalah sepeda dengan merk Gazelle. Dengan desain gambar "kidang" atau Kijang melompat ini, menjadi sebuah logo yang sangat khas dalam merk yang satu ini.

Cerita berawal ketika tahun 70-an ada seorang bapak yang ingin membeli sebuah sepeda tua bekas dipasar sepeda. Sepeda tersebut didapati bermerk Gazelle yang dijual sangat murah. Si bapak bertanya kepada penjual sepeda "mengapa sepedanya dijual murah?". Jawab si penjual "saya baru pertama kali memiliki sepeda Gazelle seperti ini, sepeda ini tidak enak dan terasa berat jika dikayuh, tidak seperti sepeda saya yang lain".

Menurut si Penjual, sepeda ini dia temukan disebuah gudang di rumah yang sudah lama tidak ditinggali dan tidak berpenghuni. Dari penampakan rumah yang dimaksud merupakan bekas peninggalan rumah orang cina, mungkin mereka "orang Cina" yang pulang ke negaranya. 

Tak selang berapa lama terjadilah transaksi sepeda Gazelle yang dianggap sepeda tidak nyaman tadi. Si pembeli mendapatkan harga yang sangat murah dan penjual pun senang karena sepeda itu sudah lama sekali berapada ditempat dagangannya dan tidak laku dalam waktu yang lama. Dikayuhnya sepeda yang baru dibelinya sampai rumah, dalam hati si pembeli membenarkan apa yang dikatakan oleh penjual sepeda tadi, sangat berat kayuhan sepeda onthel ini.

Seampainya dirumah, si pembeli memeriksa kembali sepeda yang baru dibelinya, dia sangat heran ketika setelah diteliti tidak ada yang aneh pada sepeda ini. Selang berapa lama, dia mulai curiga dengan frame sepeda ketika diangkat "dijunjung", terasa berat tidak seperti sepeda pada umumnya. Dan yang aneh lagi ketika diangkat kemudian diturunkan ada bunyi gemerincing yang terdengar dipipa tengah bawah sedel sepeda. Si pembeli berusaha untuk membuka sedel sepeda kemudian membalikkan sepeda tersebut. Alangkah terkejutnya si pembeli setelah mengetahui apa yang ada didalam batang pipa sepeda, keluarlah batangan emas ukuran kecil dan bermacam-macam perhiasan ada didalamnya.

Tidak membutuhkan waktu yang lama, Berita tentang sepeda Gazelle yang ada emasnya tersebar keseluruh penjuru, sangat heboh. Ada orang miskin kaya mendadak karena sepeda kuno dan tua dengan merk Gazelle. Maka sejak peristiwa itu, merk Gazelle buatan Belanda kembali terangkat. Dan cerita itupun kembali berlanjut diperdengarkan dari generasi ke generasi berikutnya.

Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

Berikut Penampakan Sepeda Gazelle seri 3 milik teman kami. Sepeda yang sangat mahal ini menjadi salah satu sepeda yang sering dipakai dalam setiap event sepeda tua.
1. Rangka
Penampakan sepeda utuh yang sangat menawan.
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

2. Stang
Stang gazelle opsi rem tusuk yang sangat jarang ditemukan. Rem tusuk Gazelle ada dua varian  yang pertamamodel belakang yang umum dipakai pada sepeda Gazelle rem tusuk, yang kedua model bawah seperti dalam gambar dan diproduksi cuma sedikit yang merupakan opsi rem khusus "Limited Edition".
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

3. Crank
Crank piringan seri tua yang bergambar kijang meloncat. 
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

4. Ketengkas
Katengkas menggunakan katengkas asli Gazelle yang sangat unik. 
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk
4. Plat Merk
Plat Merk dari logam bertuliskan Gazelle "G".

5. Slebor atau spat board belakang
Slebor belakang ada titik-tik lubang kecil yang biasanya dipakai untuk slebor atau spat board Jaring, fungsinya untuk sebagai pelindung gaun yang panjang supaya tidak masuk ke jari-jari roda belakang. Spat board model lubang ini hanya ditemukan pada sepeda dames, baik di Gazelle ataupun merk lain. 
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

6. Roda 
Roda menggunakan pelk Gazelle dengan lubang 36 depan dan 36 belakang.  Depan menggunakan hub Gazelle. sedang belakang menggunakan terpedo.
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

7. Coaster Break
Sistem pengereman dengan cara memutar balik pedal ke belakang, sistem yang diknal oleh masyarakat kita dengan sebutan "rem terpedo".
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

Pada sepeda Gazelle ini menggunakan Terpedo belakang atau coaster break dengan model "All Black" tanpa chromm yang merupakan coaster break langka dan salah satu yang mahal.
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

8. Tampak Belakang
Slebor belakang aseli Gazelle yang kian menambah daya tarik tersendiri bagi para pecinta sepeda onthel.
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

9. Fork Sepeda
Fork sepeda seri tua Gazelle, ada lubang tempat rem tusuk berada.
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

10. Bracket
Sepeda Gazelle berpantek yang sangat jarang kita temui menambah wawasan kami tentang sepeda berpantek tidak hanya ada dalam merk tertentu saja.
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

11. Rem Tusuk.
Konstruksi rem tusuk yang unik, beda dengan opsi rem tusuk yang kami temui sebelumnya.
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

12. Nomor Seri
Noor seri sepeda dibawah sedel sebelah kanan.
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

13. Engkol Kayuhan
Engkol kayuhan aseli Gazelle, bertuliskan Gazelle.
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

14. Sadel
Sepeda ini menggunakan sadel parkit Gazelle.
Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk

Sementara itu dulu yang bisa kami sampaikan, apabila ada kritikan atau masukan kami dengan senang hati menerima. Berbagi dalam ilmu tidak akan menyurutkan keilmuan seseorang, bahkan akan semakin menambah keilmuan seseorang itu sendiri.

Semoga Bermanfaat

Salam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sepeda Gazelle Seri 3 Rem Tusuk"