Sepeda Onthel Magneet Kota Pati

Sepeda  Onthel Magneet
Sepeda Onthel Magneet Kota Pati


Sepeda ini tentu sudah banyak ditemukan diberbagai tempat di Indonesia. Kalau menurut cerita dari orang-orang dipasar, sepeda ini mulai menyebar ketika KNIL datang ke Indonesia. Dimana Para tentara KNIL itu terdiri dari beberapa negara sekutu. Para tentara selain membawa senjata perang juga membawa berbagai alat transportasi seperti sepeda untuk digunakan para tentara berpatroli. Salah satu sepeda yang mereka pakai antara lain bermerek Magneet yang berasal dari Belanda.

Begitu sulitnya mencari referensi tentang sepeda ini menjadikan sepeda ini terbilang agak masih misteri buat saya pribadi. Kebetulan juga dirumah juga sudah mempunyai koleksi sepeda ini, magneet dames. Tunggangannya juga lumayan nyaman untuk orang Indonesia, tidak terlalu tinggi seperti sepeda buatan Belanda pada umumnya.
Sepeda Onthel Magneet Kota Pati

Sepeda Magneet mempunyai ciri yang unik, yaitu pada bracketnya ada keni dibawahnya. Mirip dengan sepeda buatan negaranya yang bernama Fongers. Tapi tentunya ada perbedaan antra keni magneet dan fongers, yaitu pada sepeda Magneet bracketnya tutupan polos ditengahnya, tapi pada fongers bracketnya terbelah ditengahnya dan disatukan oleh keni tadi.

Perawakan sepeda magneet pun tidak seperti sepeda Onthel keanyakan, sepeda ini kalau menurut saya cenderung untuk sepeda cewek ataupun anak-anak. Dengan alasan bentuknya dan ketinggian sepeda yang agak "kecil". Kalau kata orang jawa "sak Kangane pas" sepeda jengki phoenik. 

Terlepas dari pandangan itu, saya pribadi nyaman-nyaman saja jika berkendara dengan sepeda magneet ini. Mungkin saking nyamannya seringkali saya menggunakannya untuk even-even sepeda santai dikota saya. Bahkan tak jarang juga sepeda ini ditawar kolektor sepeda antik, tentunyaa dengan harga yang "wau". Walaupun begitu tidak saya lepas dulu kalau belum pas waktunya dan harganya tentunya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sepeda Onthel Magneet Kota Pati"